Hari Kedua
ILoveMath
MathAroundUs
Karena beresiko berada di sebelah ayah, akhirnya sayapun meminta ijin suami, kertas lapisan indaksen nya saya kumpulkan dan masukan ke toples. Kakak butuh aktivitas daripada mondar-mandir di sekeliling kami sambil berlarian mencari adiknya. "Kakak, bunda punya mainan, ayoook main bareng kak".. kakak langsung mendekat lalu bunda minta ijin ke Ayah untuk menemani kakak.
"Kakak, lihat ditoples bunda punya kertas bulat-bulat...kayak bola yaaa bulat" ..kakak langsung tertawa dan sangat antusias. "tata (kakak) mau bu.... mau buat apa sih" tanya nya
"Kakak belajar membuka toples yaa.. bunda temenin kakak main" .. kakak pun mengangguk. Sigap nya kakak membuka tutup toples nya, lalu mengeluarkan kertas bulat satu per satu. Bunda hanya mengamati sesekali sambil bertanya apa yang sedang kakak buat. Kakak menata sangat teliti dan hati-hati
Bentuk pertama, kakak membuat jalan kereta..imajinasi kakak, bentuk tersebut kadang ia sebut sebagai jalan kereta atau gerbong kereta
Bentuk kedua, Lingkaran besar. Kalau ini selama membuatbentuk bulat atau lingkaran kakak selalu bernyanyi.."lingkaran besar-lingkaran besar..lingkaran kecil"
Bentuk ketiga, Kakak menyebutnya ular
Bentuk keempat, bunda memberikan intervensi sembari mengenalkan huruf hijaiyah "ta"
setelah itu kakak langsung bersorak-sorai happy dengan karya nya... bunda pun ikut melebur dalam suasana keceriaan anak belajar sambil bermain
ILoveMath
MathAroundUs
Membuat Bentuk Geometri
bahan
- 25 pelapis indaksen (tutup kertas alumunium-foil)
- Meja sebagai tray
deskripsi kegiatan
Seusai maghrib, bunda menemani ayah melakukan pegemasan sambel petis udang. Ayah memang ahli dalam bidang pengemasan , bunda beberapa kali mencoba belum juga berhasil alias masih banyak eror. Awalnya hanya kami berdua, suasana romantis akhirnya ada waktu untuk kami ber-q-time. Tetiba kakak datang bergabung dengan kami. Kakak baru pertama kali melihat proses pengemasan sambel tuna. Setiap waktu pengemasan kami perbarui agar bisa bersaing dengan produk diluar sana."iboooo.... ini apa?" tanya kakak dengan polos nya sambil menunjuk setrika yang dipegang Ayah, lalu kami serentak menjawab "setrika kakak" . Rupanya pertanyaan masih berlanjut, "buat apa sih" .."tata (kakak) pegang boyeh (boleh) ? itu apa booo? tata mau satu".. MaasyaAllah kakak... pertanyaan nya terus berlanjut sampai kami kewalahan karena belum selesai menjawab sudah ada pertanyaan baru lagi
Karena beresiko berada di sebelah ayah, akhirnya sayapun meminta ijin suami, kertas lapisan indaksen nya saya kumpulkan dan masukan ke toples. Kakak butuh aktivitas daripada mondar-mandir di sekeliling kami sambil berlarian mencari adiknya. "Kakak, bunda punya mainan, ayoook main bareng kak".. kakak langsung mendekat lalu bunda minta ijin ke Ayah untuk menemani kakak.
"Kakak, lihat ditoples bunda punya kertas bulat-bulat...kayak bola yaaa bulat" ..kakak langsung tertawa dan sangat antusias. "tata (kakak) mau bu.... mau buat apa sih" tanya nya
"Kakak belajar membuka toples yaa.. bunda temenin kakak main" .. kakak pun mengangguk. Sigap nya kakak membuka tutup toples nya, lalu mengeluarkan kertas bulat satu per satu. Bunda hanya mengamati sesekali sambil bertanya apa yang sedang kakak buat. Kakak menata sangat teliti dan hati-hati
Bentuk pertama, kakak membuat jalan kereta..imajinasi kakak, bentuk tersebut kadang ia sebut sebagai jalan kereta atau gerbong kereta
Bentuk kedua, Lingkaran besar. Kalau ini selama membuatbentuk bulat atau lingkaran kakak selalu bernyanyi.."lingkaran besar-lingkaran besar..lingkaran kecil"
Bentuk ketiga, Kakak menyebutnya ular
Bentuk keempat, bunda memberikan intervensi sembari mengenalkan huruf hijaiyah "ta"
setelah itu kakak langsung bersorak-sorai happy dengan karya nya... bunda pun ikut melebur dalam suasana keceriaan anak belajar sambil bermain
Respon kakak
1. Antusias
2. Rasa ingin tahu nya tinggi
3. Berani mencoba hal baru
4. Kreatifitas tinggi
5. full of music
Learning objective
1. Kakak mampu bekerja sama dengan bunda
2. Mengikuti intruksi dengan baik
3. Fokus kakak saat membuat bentuk sudah lebih lama (5-10 menit)
4. Kakak mengenal bentuk geometri, awalnya bunda mengenalkan lingkaran besar..lama-lama kakak mau berkreasi membuat bentuk yang lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar